MENU

RAJALISTRIK.COM, RAJANYA ELEKTRIKAL DAN TEKNIKAL INDUSTRI RAJALISTRIK.COM, RAJANYA ELEKTRIKAL DAN TEKNIKAL INDUSTRI

Penelusuran

Loading

Rabu, 27 April 2011

TIPS: Hati-Hati Terhadap Perangkat Penyedot Listrik!

with 0 KOMENTAR

Hari Bumi, yang jatuh pada 22 April ini dengan tema A Billion Acts of Green, ditujukan untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap bumi dan lingkungan, serta lebih jauh lagi untuk mengurangi emisi karbon dan mendukung keberlangsungan lingkungan. Berdekatan dengan momen Hari Bumi 2011 ini, APC by Schneider Electric, pemimpin global dalam layanan critical power dan cooling terintegrasi, bersamaan dengan ini membagikan tips untuk mengatasi masalah terhadap perangkat yang menyedot listrik sebagai salah satu tindakan untuk menghemat energi dan memberikan sumbangsih bagi keberlangsungan lingkungan.

Ketika perangkat-perangkat listrik di rumah, seperti TV, AC, kulkas dan komputer telah dimatikan, bukan berarti perangkat-perangkat tersebut tidak lagi menarik energi listrik atau hanya sedikit menarik energi listrik. Faktanya adalah kebanyakan perangkat-perangkat listrik memiliki tingkat konsumsi energi listrik yang tinggi ketika dalam modus stand by atau pun ketika dimatikan. Terlebih lagi, perangkat-perangkat yang terhubung dengan komputer, seperti monitor, printer, USB hub, scanner, modem, dan lainnya juga terus mengkonsumsi energi listrik bahkan ketika mereka tidak digunakan.

Contoh fakta yang lain adalah semua perangkat yang menggunakan remote control terus mengkonsumsi energi listrik bahkan ketika dimatikan, seperti yang terjadi pada televisi. Ketika TV dalam keadaan ’Off’, sebenarnya TV tersebut dalam keadaan sebagian ’On’ agar gambar di Televisi dapat tampil dengan cepat ketika Anda menekan remote. Hal ini disebut sebagai vampire energy” atau ”phantom load.” Selain perangkat yang disertai dengan  remote control, sebagian perangkat-perangkat lain yang juga menyedot energi listrik bahkan ketika dimatikan adalah perangkat-perangkat dengan external power supply atau adaptor, perangkat-perangkat dengan monitor digital atau LCD/LED, dan kebanyakan perangkat-perangkat besar seperti AC dan kulkas.

Bagaimana Mengatasi Vampir Penyedot Listrik ini?
Salah satu cara untuk mengatasi para vampir penyedot listrik ini adalah dengan mencabut kabel listrik ketika perangkat elektronik tidak dipakai. Namun, mencabut dan mencolok kembali lusinan perangkat elektronik berkali-kali merupakan hal yang sangat merepotkan, belum lagi karena harus berkutat dengan kabel-kabel listrik yang bersliweran.

Satu alternatif lain untuk mengatasi ”vampire energy” atau ”phantom load” adalah dengan menggunakan Surge Protector dengan Master-Control outlet. Surge Protector merupakan alat yang dirancang untuk melindungi perangkat elektronik dari perubahan aliran voltase yang dapat merusak perangkat seperti surge, spike, dan bahkan halilintar. Colokkan perangkat elektronik utama (seperti komputer dan televisi) ke Master outlet sedangkan, peangkat pelengkap (seperti monitor komputer, printer, scanner, perangkat tata suara dan lainnya) ke Control outlet.

Master outlet dapat mendeteksi apakah perangkat elektronik sedang dimatikan atau dalam kondisi sleep mode. Selanjutnya, secara otomatis Control outlet yang terpasang perangkat pelengkap akan mematikan aliran listrik. Dengan begitu, perangkat elektronik pelengkap tidak akan menyedot tenaga listrik lagi ketika dalam stand by mode – dan juga tidak akan menggerogoti tagihan listrik setiap bulannya.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------
www.rajalistrik.com memasarkan produk-produk merek APC by Schneider Electric dengan lengkap dan harga yang kompetitif. Oleh karena itu, kunjungi www.rajalistrik.com  setiap saat. www.rajalistrik.com, Rajanya Elektrikal dan Teknikal Industri.


0 KOMENTAR:

Poskan Komentar